Jumat, 30 Oktober 2015

12 Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses

Bismillahirrahmaanirrahim.


12 Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses
12 Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses (seopemuda.blogspot.co.id)

12 Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses

Pada kesempatan pertama memposting artikel di blog ini saya ingin sekali membahas artikel dengan judul “12 Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses” kenapa demikian? Saya telah mengenal blog sekitar beberapa bulan lalu, mungkin sekitar setengah tahun dan telah banyak blog yang saya bangun dan menurut saya semua blog yang saya bangun gagal! Kenapa bisa gagal? Karena banyak hal yang tidak seharusnya saya lakukan sebagai blogger pemula.

Oleh karena itu saya tidak ingin hal ini terjadi atau teralami oleh kamu, dengan tulisan dan pengalaman sebelumnya yang tidak terlalu banyak tetapi memberikan pelajaran yang berharga buat saya, untu itu saya berharap bisa mengarahkan kamu ke jalan yang lebih tepat yang baru saja ingin membangun sebuah blog tapi tidak tahu harus bagaimana langkah-langkahnya jangan sia-siakan waktu kamu hanya untuk mengalami kesalahan dalam membangun sebuah blog.

Pepatah memang mengatakan “Belajarlah dari kesalahan” atau bisa juga “trial and error” itu tepat sekali, tapi saya telah merasakannya bahwa itu membutuhkan waktu alias cukup membuang waktu yang lumayan, tapi tenang kalian tidak harus merasakan kegagalan atau kesalahan terlebih dahulu untuk menuju hal yang benar, saya akan bagikan beberapa tips atau hal-hal awal yang harus dilakukan dalam menjadi seorang blogger dengan sedikit pengalaman yang saya rasakan.

Nah berikut hal-hal yang harus kamu lakukan saat menjadi seorang blogger pemula.


  • Awali Dengan Basmallah
vh18revolution.wordpress.com



Hal ini dikhususkan untuk para blogger muslim, ingatlah segala sesuatu harus karena Dia (Allah) yang maha kuasa yang maha pengasih lagi maha penyayang. Semoga kamu selalu dikasihi dan disayangi oleh-Nya.
  
  • Apa Tujuan Kamu Membuat Blog?
12 Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses
www.softrickinfo.com

Tujuan ngeblog atau membuat blog akan saya simpan pada bagian teratas dalam langkah ini karena ini sangat penting sekali dipertanyakan kepada diri sendri sebelum jauh-jauh membangun blog mengisinya dengan berbagai artikel “Apa tujuan kamu membuat blog?”. Banyak sekali macam-macam blog bertebaran di internet sana telah saya temukan dan saya baca, dan menurut penglihatan saya mereka membuat blog bermacam-macam tujuan. Ada yang membuatnya sebagai media menunjukkan hobi kepada publik agar dapat dilihat oleh semua pengguna internet. Ada yang membuatnya hanya untuk iseng-iseng saja. Untuk promosi bisnis, media informasi, ada juga untuk menulis keseharian mereka (diary online) dan bahkan ada yang menjadikan blog sebagai ladang penghasilan, mendapatkan dollar setiap bulannya dengan cara memasangkan iklan misalnya.

Nah sudah jelas sekali mereka memiliki tujuan nya masing-masing, lalu “Apa tujuan kamu membuat blog?”. Oke jika kamu masih belum bisa juga menjawab pertanyaan itu saya akan coba menjawab tujuan saya membuat blog mungkin ini bisa membantu kamu menjawab pertanyaan tersebut.

Blog for money, ya itu adalah tujuan saya menjadikan sebuah blog sebagai sarana penghasil uang. Lalu bagaimana caranya mendapatkan uang dari blog?. Jujur saya memang belum merasakan pendapatan dari kegiatan ngeblog ini, tapi dalam diri saya selalu yakin suatu saat nanti saya pasti bisa menghasilkan apa yang saya inginkan. Karena mendapatkan uang dari blog bukanlah sesuatu yang instan, bukan hanya dalam ngeblog semua kesuksesan tidak ada yang instan semua akan dan hanya bisa akan didapat jika kita bersungguh-sungguh untuk mendapatkannya.

Sekarang bagaimana? Apakah kamu sudah bisa menjawab apa tujuan kamu dalam membangun sebuah blog? Atau hanya untuk iseng-iseng saja? Jika tujuan kamu sama seperti saya untuk menjadikan sebagai lahan pendapatan uang maka kamu wajib membaca tulisan ini sampai akhir, saya akan tunjukkan bagaimana langkah awal menjadi seorang Blogger Yang Sukses di hari nanti (aamiin)

  • Topik / Tema Blog Yang Kamu Buat
12 Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses
uceng999.com

Setelah kamu mengetahui apa tujuan kamu membangun sebuah blog untuk apa blog kamu dibuat langkah selanjutnya adalah menentukan topik atau tema dari blog yang kamu buat tersebut. Apakah blog yang kau buat bertemakan Kesehatan contohnya, atau tentang Teknologi, Games, Tempat Download Musik atau Software, atau Tutorial. Itu bebas silahkan kamu tentukan tema apa yang akan kamu ambil, tapi saya sarankan pilihlah tema yang sesuai dengan hobi kamu sesuatu yang kamu sukai agar blog yang dibangun nantinya tidak dibiarkan begitu saja karena kamu sendiri tidak suka dengan topik yang telah dipilih.
  
  • Ketahui  Situs-Situs Yang Menyediakan Layanan Blog (Gratis) Dan Cara Membuatnya
12 Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses
www.probloggit.com


Ini tidak kalah penting, setelah kamu memiliki tujuan membuat blog dan menentukan topiknya jika kamu tidak tahu dimana harus membuat sebuah blog maka sudahlah terhenti tujuan kamu sampai disini saja. Banyak sekali situs-situs penyedia layanan blog secara gratis maupun berbayar. Saya akan paparkan dari beberapa sumber www.bloggermangga.com dan panicatcampus.blogspot.co.id meskipun masih sangat banyak lagi situs penyedia blog:

-          Blogger
-          Wordpress
-          Weebly
-          Tumblr
-          MyOpera
-          TypeTad
-          OpenDiary
-          My Wap Log
-          LiveJournal
-          BlogDetik
-          Kompasiana
-          Indonesiana
-          Webs
-          Yola
-          Blog
-          Jimdo
-          Edublogs
-          Jigsy
-          Blog.co.uk
-          Diaryland
-          Gather
-          Hubpages
-          Toughts
-          Webnode
-          Xanga
-          Posterous
-          Blogster
-          Squarespace

Banyak bukan? Meskipun itu baru sebagian saja masih sangat banyak lagi. Lalu harus pakai yang mana? Itu pertanyaan yang sangat tepat sekali. Saya sarankan sebaiknya kamu gunakan Blogger atau Wordperss saja karena banyak orang berpendapat itu merupakan situs gratis terbaik saat ini dan juga mudah untuk kita gunakan khususnya bagi pemula. Apa yang saya gunakan? Saya gunakan blogger sejak awal saya mengenal sebuah blog dan belum pernah mencoba situs lain, mungkin sudah terpincut sejak pandangan pertama hehe.

Blogger merupakan situs yang dibuat oleh Pyra Labs sebuah perusahaan yang telah mengeluarkan sebuah kosa kata terkenal ”Blogger” saat ini yang sukses besar, yang kemudian dibeli oleh google.
Sementara Wordpress dimiliki oleh Automattic sebuah perusahaan designer web kecil, wordpess sendiri menurut saya salah satu pesaing si blogger, karena banyak orang-orang memperdebatkan keunggulan dalam kedua situs ini.

Kalau menurut saya sih keduanya bagus yang pasti memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, meskipun saya belum mencoba keduanya.

Silahkan kunjungi Blogger.com untuk membuat blog dari blogger, dan
Wordpress.com untuk membuat blog dari Wordpress.



  • Seorang Blogger Dipaksa Harus Bisa Menulis
12 Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses
www.themuse.com


Hampir 90% isi dari sebuah blog adalah tulisan, sisanya mungkin tampilan. Karena blog yang sifatnya informatif memberikan informasi kepada pembaca maka seorang blogger wajib dan harus bisa menulis. Seandainya kamu tahu saya adalah contoh orang yang susah sekali dalam menulis membuat sebuah tulisan yang menarik yang dapat dibaca oleh orang lain. Untuk membuat satu paragraf pun membutuhkan waktu yang lama, mungkin karena ketidakbiasaan saya menulis yang menjadikan kaku dalam merangkai sebuah kata menjadi kalimat dan paragraf.

Tapi jangan khawatir dengan membiasakan diri menulis maka sedikit-sedikit tulisan akan mudah untuk dibuat, tidak harus sejago mereka para penulis dan penyair di luar sana yang penting tulisan kita mudah dan nyaman untuk dibaca oleh pengunjung blog sudah menjadi bekal menjadi seorang blogger.

  • Jangan Malas Untuk Membaca
12 Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses
www.returnofkings.com


Selain diwajibkan untuk bisa menulis, menjadi seorang blogger juga disarankan tidak malas membaca. Dulu saya paling tidak suka membaca sebuah buku, apalagi jika buku tersebut tidak terdapat gambar baru saja saya bukan mungkin akan saya tutup kembali. Tapi berbeda dengan sekarang, saya rasakan dengan membaca menjadi kegiatan yang membantu dalam menulis sebuah artikel dengan sering membaca akan banyak kosakata yang kita ketahui mempermudah menyusun sebuah kata apalagi hal yang kita baca berkaitan dengan tema blog yang kita bangun.

  • Mulailah Menulis dan Tulislah Secara Konsisten
12 Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses
www.nerysparry.com


Awal dari segala langkah adalah “Memulai” maka dari itu sudah saatnya kamu memulai menulis menyampaikan apa yang ingin kamu sampaikan kepada pembaca. Tulislah dengan kata-kata yang mudah dibaca. Lalu posting artikel atau tulisan kamu secara Konsisten. Banyak kesulitan yang saya rasakan dalam kegagalan sebelumnya diantaranya adalah kekonsistenan dalam memposting sebuah konten blog. Sulit rasanya memposting sebuah artikel dengan konsisten, yang saya rasakan sebelumnya adalah penurunan jumlah postingan alias tidak konsisten, mungkin di minggu pertama kita posting satu hari bisa sampai empat artikel, minggu selanjutnya hanya satu artikel dalam satu minggu. Kenapa bisa begitu? Banyak sekali alasannya beragam diantaranya karena kekuarangan ide dalam menulis artikel, kekurangan waktu dalam membuat artikel, keputusasaan di tengah jalan akibat belum tercapainya tujuan, dan juga mengundang sifat rasa malas pasti selalu menghantui sebuah kesuksesan.

Hindari diri atau bahkan jangan sampai membuat sebuah blog dengan konten berbau pornografi dan hal-hal yang ilegal, kedua hal ini dibenci oleh pihak google. 
  
  • Luangkan Waktu Khusus Untuk Menulis / Ngeblog
12 Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses
www.weareteachers.com


Waktu memang hal yang penting dalam hidup, jangan sia-siakan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat hal ini juga harus diterapkan dalam semua kegiatan kususnya kegiatan ngeblog saat ini. Kegiatan ngeblog sangat membutuhkan waktu, waktu yang konsisten, ingat yang konsisten. Membangun sebuah blog tidak lah harus memiliki konten yang banyak, buatlah konten yang berkualitas dan memiliki informasi yang bermanfaat untuk pembaca. 

Biasanya dalam pengalaman saya saat itu awal-awal membangun blog memang rajin membuat artikel, bahkan satu hari saja bisa mempublish hingga lebih dari 5 artikel, semakin lama semakin hari artikel yang dibuat dan dipublis pun semakin tidak konsisten ada yang seminggu hanya satu, sebulan hanya satu bahkan satu bulan tidak terisi postingan satu pun.

Kedepannya hal yang akan saya lakukan dalam memposting sebuah artikel akan saya targetkan dalam satu minggu saya memposting satu buah artikel saja, tetapi artikel tersebut akan dibua sebaik mungkin memiliki kualitas nomor 1 dari artikel pesaing lainnya, saya memiliki enam hari sebelum saya menulis dan mempublishnya untuk meriset hasil artikel yang saya buat.

Bagimana dengan target yang akan kamu buat? jangan biarkan blog kamu memiliki grafik menurun.

  • Tulis Dengan Kemampuan Sendiri Jangan Sampai Mencopy Hasil Orang Lain
12 Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses
genius.com

 Saya ucapkan sekali lagi, kesuksesan tidak bisa didapat secara instan. Atau jika memang kesuksesan itu bisa didapat dengan cara yang instan keseuksesan terebut tidak akan bertahan lama. Cobalah menulis dengan kemampuan kamu sendiri, merasa jelek? Tidak bagus? Tidak menarik seperti orang lain? Biarkan saja! terus berlatih saya yakin sesuatu yang dilakukan dengan continually/berkelanjutan/terus-menerus/dibiasakan akan menjadi sebuah sifat. Kebiasaan menulis yang baik menjadikan seorang blogger yang baik, berbeda dengan mereka para blogger yang hanya bisa nya menyalin hasil tulisan/karya orang, menjadi kebiasaan dan sifat yang buruk tidak memiliki kemampuan untuk menulis.

Google yang sangat canggih pasti akan mengetahui mana blog dengan tulisan yang benar-benar ditulis sendiri dan blog yang hasil copy paste walaupun hanya satu paragraf, google akan menyingkirkan blog yang seperti itu dengan cara mentiadakan nya dari hasil pencarian google. Google pun tidak tinggal diam mereka akan melindungi hak cipta atau keorisinilan sebuah konten. Jika terdapat blog dengan konten hasil copy paste dari blog orang lain tanpa memberikan sumber link aktif yang jelas maka blog copas tersebut sebenarnya sudah berada di ujung tanduk, tinggal menunggu saja banned dari google.

  • Gunakan Template Blog Yang Cepat (Fast Loading)
tonaquintnetworks.com


Kecepatan dalam mengakses blog merupakan kunci untuk membuat si pembaca tetap betah dan berkunjung kembali ke blog kita. Dan hal itu sangat jelas sekali saya rasakan, saya paling malas jika sedang browsing cari-cari tugas menemukan sebuah blog yang lelet, lama dan banyak sekali iklan yang menggangu disetiap penjuru layar bahkan di tengah tengah layar menutupi artikel yang dibaca, serta banyak widget-widget yang tidak penting membuat blog menjadi lelet.

Meskipun kita sebagai blogger pemula, bersikaplah sebagai blogger profesional. Gunakan fitur widget blog secukupnya saja jangan gunakan widget yang aneh-aneh seperti widget game dan kalender misalnya jika menurut pembaca hal itu tidak berguna sebaiknya hapus saja, utamakan kecepatan pada blog.

Google juga sangat menyukai blog dengan template yang cepat hal itu membantu blog kamu medapatkan ranking google yang baik di pencarian google.

  • Percantik Blog Yang Kamu Miliki
kangimam.com


Meski hal ini tidak menjadi hal utama dalam membangun sebuah blog, tapi mempercantik tampilan blog akan membuat kesan pertama dari si pembaca. Buatlah blog yang nyaman, gunakan warna background yang tidak terlalu kontras yang membuat pembaca kelelahan menatap layar, berikan ukuran font yang tidak terlalu kecil, gunakan juga pewarnaan huruf yang umum dilihat oleh pembaca misalnya jangan gunakan warna huruf utama kamu dengan warna kuning, hijau, merah, ungu dan warna-warna yang tidak sebaiknya digunakan untuk warna utama, gunakan warna hitam saja yang umum di mata pembaca.

  • Berikan Target Jangka Pendek Maupun Jangka Panjang
www.binkd.com


Tanpa adanya sebuah target pada suatu hal yang kita lakukan maka tidak akan memiliki tujuan yang jelas lah hal yang kita lakukan tersebut. Dalam contoh di awal telah saya paparkan tujuan saya membangun blog ini yaitu untuk menghasilkan pendapatan meskipun saya belum merasakannya tapi saya harus yakin hal itu bisa saya dapatkan di hari nanti. Maka untuk mendapatkan apa yang saya iningkan saya harus memiliki target-target yang jelas dan lebih spesifik yang harus dilakukan. Saya telah menyiapkan target serta strategi apa saja yang akan saya lakukan dalam membangun blog ini. Saya akan berikan bocoran target saya salah satu nya adalah membuat postingan dengan minimal 1500 kata bahkan lebih pada setiap postingan.


Oke baiklah sebagai artikel pembuka, akan saya cukupkan sampai disini saja semoga hal ini membantu kalian semua.



2 komentar:

  1. saya ingin menjadi blogger yang sukses gan :-D

    BalasHapus
  2. Sangat informatif mas, kunjungan balasan dar www.masterseo.xyz

    BalasHapus

1. Tolong sebelum berkomentar Dibaca terlebih dahulu.
2. Berkomentar yang relevan sesuai artikel
3. Gunakan bahasa yang baik, yang tidak mengandung SPAM, SARA, Pornografi