Rabu, 28 Oktober 2015

Nulis Itu Susah-Susah Gampang Dan Ini Cara Saya Menulis

Nulis Itu Susah-Susah Gampang - Iya bener banget susah tapi gampang, gampang tapi susah. "Apaan cuman nulis doang apa susahnya?" iya mungkin sebagian dari kamu ada yang bilang seperti itu dalam hati tapi yaa its oke lah gak masalah kalau menurut kamu nulis itu memang mudah, tapi beda dengan yang saya rasakan.

Yang saya rasakan selama ini adalah Nulis Itu Susah menulis sebuah tulisan yang menarik untuk dibaca oleh orang lain itu susah sekali agar bisa mempertahankan orang lain yang membaca betah berlama-lama membaca tulisan kita.

Nulis Itu Susah-Susah Gampang Dan Ini Cara Saya Menulis


Kadang suka iri lihat orang lain kok kayanya gampang sekali sih oarng lain buat menulis, menuangkan isi hati dan pikirannya dan dapat dibaca secara menarik. Padahal dalam tulisannya ya kata-kata nya biasa aja gitu gak ada yang spesial gak pake bahasa yang gimana gitu sama aja kaya gini tulisannya. 

Sedikit cerita selama saya mengerti apa itu blog, cara membuat blog, mengedit template, dan sedikit mengoptimasi mesin pencarian (SEO) ada satu masalah yang cukup menggangu masalah utamanya yaitu bingung dalam mengisi blog tersebut. Blog itu kan gak jauh dari sebuah artikel atau postingan  kan ya?, iya itulah fungsi blog buat kita isi dengan postingan atau artikel sedangkan masalah yang saya rasakah adalah susahnya menulis sebuah artikel tersebut. Ini masalah yang serius men gak bisa kita nulis gak akan ada arikel yang di publish sudahlah stuck kita disitu blog tidak akan terisi apapun itu sama percis seperti apa yang saya alami selama mengenal blog, jujur saya mengenal blog udah yaaa hampir lah 1 tahun tapi apa hasilnya?

Nihil!. waduh terlalu parah kalau nihil. Gak sih gak nihil juga kali, tapi maksud nihil disini adalah dalam bentuk materi alias duit. Saya belum pernah merasakan mendapatkan duit dari acara blog ngebog seperi yang diceritakan orang-orang dalam blog nya. Mereka merintis sebuah blog dari awal hingga sukses blog tersebut menghasilakn ratusan dollar bahan ada yang ribuan dollar per bulan gimana gak tertarik mainan kaya gini coba, kita cuman nulis doang dapet duit.

Tapi gak semudah itu men memang kalau kita baca ya sederhana kan Nulis > Dapet Duit > Sukses. Padahal di balik mereka yang mendapatkan duit seperti itu ada perjungan yang kerass yang gak kita tahu, kita tau nya cuma enak nya aja dapet duit -_-. Mereka juga gak dalam hitungan satu dua bulan menjadi orang sukses, lamaa! bahkan ada yang dalam hitungan tahun, karena mereka juga sama mereka belajar membuat sebuah tulisan agar betah dalam blog kita, bukan hanya tulisan tapi juga isi dari tulisan itu.

Itu kalau dari sisi tulisan, belum lagi cara mereka bersaing di mesin pencarian dengan orang lain yang memiliki artikel dengan judul atau tema yang sama, mereka belajar mengoptimasikan itu semua gak gampang! apalagi orang-orang yang otodidak.

Udah lah gak usah jauh-jauh mikirin sukses,  sukses kan sebuah hasil, hasil yang baik didapat karena proses yang biak juga begitu sebaliknya, jadi mending semasih kita di tahap awal kita perbaiki proses kita aja. Jangan menyerah! kita belajar bersama.

Oh iya balik lagi soal yang nihil tadi, setelah hampir satu tahun saya mengenal blog. Tapi maksud satu tahun nya disini gak full satu tahun mainan begini yaa, maksudnya saya sudah mengenal sejak tahun lalu saat bosen mainan game online ke warnet ssaat itu beda malah mainan blig. Kalau soal serius belajar blog, saya mulai mencoba menseriuskan belajar menulis dalam blog sekitar empat bulan lalu. 

Yang saya dapat selama ngblog adalah susahnya menuangkan isi pikiran ke dalam tulisan, balik lagi dah ke awal. Kerjaan selama nge blog kebanyakan cuman edit-edit template broo nyesel saya ya karena bingung mau nulis apa, bingung nulis yang bagus yang menarik itu gimana, malah lebih seneng edit-edit tampilan blog, coba selama empat bulan lalu saya tulis satu arikel setidak nya sehari satu kan sekarang udah punya tuh 120 artikel. Saya cuman ediiiit-edit template aja terus, baca ajaa terus cara tips nge blog, asal usul blog dan tentang blog dibandingkan mengisi sebuah artikel malah kebanyakan cari tips nya. 

Tapi gak apa-apalah setiap sesuatu yang dikerjakan mungkin ada hikmah, hikmah yang saya dapatkan adalah saya mengerti lebih soal blog meski gak semuanya selain itu saya juga ngerti HTML dan CSS alhamdulillah walaupun gak pernah diajarin di sekolah, mengerti hal ini memang sangat membantu dalam membangun sebuah blog karena dalam pengoptimasian blog tidak jauh dari bahasa itu HTML dan CSS.

Kata orang lain kalau kita membuat blog agar sukses salah satunya adalah FOKUS untuk memposting arikel secara konsisten! waduuuuuh bang susah baang. Mungkin masalah yang dirasakan masing-masing dari kita berbeda-beda. Ada yang tidak ada waktu untuk memposting, tapi engga juga saya banyak waktu untuk membuat sebuah postingan tapi tetep susah membuat artikel secara konsisten.

Kuota? gak ada kuota bang buat posting, gak juga saya ada kuota banyaaak soalnya pake wifi.id di rumah download sampe mampus juga bisa apalagi cuman buat posting. 

Nah masalah kedua dalam menulis adalah ide, oh kayanya ide adalah masalah pertama dalam menulis menurut saya. Coba kamu bayangkan saat kamu gak punya ide apa coba yang mau ditulis? 

Nah jadi permasalahan saya selanjutnya dalam membuat sebuah tulisan adalah ide, tidak ada ide yang bisa diubah menjadi suatu tulisan, beda dengan mereka yang udah memiiki ide mereka mudah sekali menulis karena sudah terkonsep dalam pikirannya.

Ilustrasi apa yang saya pikirkan dan apa yang saya tulis dan ucapkan


Ide banyak tapi tetep susah buat nulis. Bener sekali saya sering seperti itu, kadang dalam pikiran saya saya sudah yakin dengan ide yang saya miliki saya sudah memiliki sebuah konsep dalam pikiran saya akan seperti apa tulisan saya nanti, tapi saat saya mencoba menulis jujur meeeen susah! aaaaaaaaaaaaahh!! Nulis itu susaaaaah!!

(huuuuuuuh capek) Sabar bang walaupun saya juga sebenernya bingung ini tulisan mau dibawa kemana (maauu dibaawa kemanaa, hubungan kiitaaa. Kaya lagu) yaa gak apa -apa lah itung-itung buat latihan nulis kan, tapi saya mau sedikit kasih tips lebih tepat nya saran sih buat kamu yang ingin mencoba belajar menulis dalam sebuah blog itu harus gimana, dan hal ini sedang saya terapkan mulai saya terapkan barusan hehe. Tips ini saya dapatkan dari pengalaman saya.

Tips Cara Menulis Yang Baik Dalam Sebuah Blog

Widih kesannya kaaya yang ngajarin padahal ini gak dikonsep dulu loh tulisan nya langsung aja gak apa-apa lah. Ini cara saya loh harap di fillter lagi sama kamu jangan dipercayai seutuh nya.

  • Memiliki Ide atau Konsep Tulisan Apa Yang Akan Kita Buat
Berbelit ya? maksudnya seperti yang di atas saya singgung adalah kita harus memiliki ide sebelum menulis. Misalkan kamu mau nulis ya kamu harus tau dulu kamu harus tau mau nulis apa. Iyakan? hayoo?? berarti cara pertama ini bener dong bisa diterima secara umum.

  • Kuasai Materi Yang Akan Kamu Tulis / Rajin Membaca
Cara ini saya dapatkan dari pengalaman presentasi powerpoint saat sekolah, beuuuh jelas sekali jika saat kamu melakukan sebuah presentasi dan kamu tidak menguasai materinya apa yang akan terjadi?
Yang pertama adalah kamu akan sulit menjelaskan kepada teman-teman kamu
Kedua, ngawur broo lu ngomong apa gak jelas.
Nilai kamu looow.

Coba kamu terapkan hal itu dalam membuat sebuah tulisan, gak tau materi yang kamu tulis ya gak bakalan nyambung broo orang lain gak akan betah baca nya, singkatnya sih kaya gitu. Tapi ya gak apa-apa lah intinya kita harus kuasai materi yang akan kita sampaikan dengan cara membaca, semakin kita membaca maka itu sama aja kaya kita belajar menulis secara tidak langsung dari tulisan orang lain yang kita baca. 

  • Berlatih
Simple, cuman tiga tips saja dan cara ketiga pun cuman satu kata "berlatih". Menulis itu sebuah skill/keahlian bukan knowledge/pengetahuan. "Ooh ya aku udah tau kok tips menulis itu kaya gini" apa kamu udah bisa nulis dengan membuat orang lain betah membaca? ya belum tentu kalau kamu gak melatih nya. Karena bentuknya skill ya harus terus dilatih, tiap hari latihan menulis agar terbisa menulis, kenapa orang lain jago nulis? karena mereka menulis. Simple bukan? kenapa perenang jago renang? karena mereka (sering) renang. 


Oke deh teman sudah cukup saya kasih arahan buat kamu yang sedang berlatih menulis seperti saya, jangan pantang menyerah! menulis gak harus jadi penulis terkenal yang bisa buat buku best seller, gak usah jauh-jauh dulu kesana, yang penting kita bisa membuat sebuah tulisan betah dibaca berlama-lama sama orang lain khususnya sama orang Indonesia yang notabene nya gak suka baca lama-lama.

Ide > Baca > Tulis kembali dengan gaya mu > berlatih..


0 komentar

Posting Komentar

1. Tolong sebelum berkomentar Dibaca terlebih dahulu.
2. Berkomentar yang relevan sesuai artikel
3. Gunakan bahasa yang baik, yang tidak mengandung SPAM, SARA, Pornografi