Selasa, 03 November 2015

10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Blogger Pemula - Benar saya adalah blogger pemula, hanya saja saya pernah mengalami beberapa kesalahan yang membuat kegiatan nge blog saya terasa gagal dan sia-sia, untuk itu saya sedang memperbaiki diri dan mencoba membagikan nya juga kepada kalian agar kalian tidak terjebak dengan kegiatan-kegiatan yang membuat gagal dalam ngeblog.

Poin-poin ini saya dapatkan dari pengalaman saya sebelumnya. Apa saja poin-poin nya? silahkan pahami poin-poin di bawah ini khususnya buat kamu yang baru memasuki dunia blog disarankan untuk tidak melakukan hal dibawah ini.

10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula
img src : www.bloggingandtechnology.com


  • Tidak ada action


Banyak sekali para blogger pemula atau tepatnya calon blogger terinspirasi dari beberapa blogger yang mungkin sudah sukses ingin ini ingin itu dari kegiatan nge blog nya, tapi keinginannya itu hanya ada dalam pikiran dan hanya sampai di mulut saja tidak diekspresikan. Mereka hanya berangan-angan, merencanakan target, membaca materi tapi tidak ada action untuk memulai. Karena dalam segala hal kegiatan langkah yang sangat awal adalah melangkah memberikan action.

  • Terlalu sibuk dengan tampilan

Ini sangat fatal jika seorang blogger pemula terlalu asik dengan tampilan blog, waktu nya habis untuk kegiatan mempercantik tampilan blog nya, ganti-ganti template lah, tambah widget ini itu lah, edit-edit css lah pokoknya terlalu sibuk dengan tampilan tanpa memperhatikan konten berkualitas yang seharusnya dibuat yang menjadi element terpenting dalam blog, karena blog berisi konten yang memberikan informasi penting, bermanfaat untuk pembaca.

Hal ini lah merupakan hal terbesar yang membuat saya gagal dalam nge blog, kenapa demikian? karena terlalu asik mempercantik tampilan membuat saya menjadi malas membuat konten. Saat itu memang niat saya memperhatikan tampilan karena ingin sekali belajar struktur CSS dan HTML pada blog, kebetulan saya buta sekali terhadap hal itu memang penting sih belajar CSS dan HTML untuk membantu kegiatan ngeblog tapi untuk para pemula saya sangat sarankan jangan dulu fokus pada hal itu, fokuslah membuat konten yang berkualitas yang terbaik selama setidaknya 6 bulan pertama.

  • Hanya fokus terhadap SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan proses pengoptimasian mesin pencari seperti google, yahoo, bing misalnya agar blog atau artikel yang kita buat mudah terindex sehingga saat kita cari kata kunci/judul yang kita buat akan tampil blog/konten kita dari sekian juta konten yang ada di internet. Hal ini memang penting, tapi tidak terlalu penting untuk seorang blogger pemula jika terlalu mengurusi SEO. 

Saat kita membuat artikel pun tanpa melakukan SEO artikel kita akan terindex oleh mesin pencari secara alami. SEO memang memusingkan, selain membutuhkan pengetahuan khusus tentang SEO kita juga harus mengerti bahasa pemrograman. Ingat untuk kamu para blogger pemula sebaiknya jangan tergiur dengan SEO hal ini cuman membuat kamu pusing dan malas nantinya membuat artikel.


  • Sibuk dengan Statistic Page

Statistic page itu sebuah data yang memperlihatkan sudah seberapa banyak kah blog kita dikunjungi oleh pembaca per bulan, per hari bahkan per artikel yang kita buat. Selain itu ada juga data yang memperlihatkan ranking blog kita ada diurutan berapa dari sekian juta blog di dunia. Untuk seorang blogger pemula hal ini tidak lah penting, menurut saya tidak usah dilihat tetaplah fokus pada konten berkualitas meskipun blog kita sepi pengunjung seperti kuburan. 

Tetap fokus pada konten, buatlah konten-konten menarik yang berkualitas untuk dibaca maka si pengunjung blog saya yakin akan kembali lagi suatu saat nanti atau mungkin akan membantu membagikan artikel kamu ke media sosial karena konten yang kaya akan informasi, apakah yang terjadi setelah itu? jelas sekali blog kamu akan banyak yang mengunjungi statistik blog kamu akan meningkat.

  • Konten palsu

Di tahap awal ngeblog adalah tahap dimana kita memerlukan kerja keras yang super, salah satunya adalah membuat artikel/konten yang menarik serta berkualitas. Nah jika konten yang kita buat itu adalah konten palus alias konten orang lain hasil copy paste maka gagal lah sudah di tahap awal ini. Kebiasaan copy paste meskipun satu paragraf akan membuat kamu tidak memiliki kekreatifan dalam menulis. Selain itu sebenarnya kamu sedang diujung tanduk jika melakukan copy paste, karena google dan mesin pencari lainnya sangat benci dengan copy paste, mereka adalah mesin-mesin yang canggih mengetahui artikel mana yang dibuat secara murni dan artikel yang dibuat secara copy paste. Tinggal menunggu waktu blog kamu dibanned oleh google.

Buatlah konten dengan hasil jari tangan sendiri, meskipun menurut kamu tidak menari tetaplah berlatih membuat konten yang bersifat informatif intinya bagaimana caranya blog kamu memiliki banyak pengunjung dengan hasil sendiri.

  • Tidak konsisten dalam menulis

Konsisten itu memang sulit, kadang banyak sekali gangguan entah itu malas ataupun masalah tidak ada waktu bahkan tidak ada ide sama sekali artikel apa yang akan dibuat. Padahal sebenarnya konsisten itu sangat penting karena si pembaca akan tahu setiap kapankah artikel baru direalise di blog kamu, mempermudah mereka mengunjungi lagi untuk membaca secara teratur yang akan meningkatkan pembaca tetap sangat untung sekali jika kita sudah memiliki pembaca tetap akan memiliki statistik page yang tetap pula.

  • Terlalu mementingkan kuantitas daripada kualitas

Maksudnya seperti apa? maksudnya adalah ketika memang kita sudah memiliki action untuk menulis bahkan secara konsisten tapi yang kita lakukan hanyalah fokus untuk kuantitas (banyaknya konten yang dibuat) dibandingkan isi konten itu sendiri. Bayangkan saja dalam sehari kita sudah bisa membuat konten sebanyak 5 buah tetapi setiap konten nya hanya ada 300 kata saja. Bandingkan dengan artikel yang dibuat hanya dalam waktu 3 hari sekali dalam satu minggu tetapi memiliki lebih dari 1500 kata. 

Saya akan lebih memilih yang kedua karena menurut beberapa penelitian artikel yang memiliki banyak kata lebih dari 1500 kata mempermudah mendapatkan ranking yang baik di mesin pencari, mesin pencari menganggap artikel tersbut kaya akan informasi. Selain itu juga tidak akan membuat kita cepat jenuh dalam menulis karena tidak harus setiap hari kita membuat artikel.

  • Dangkal pengetahuan

Untuk memiliki sebuah artikel yang menari dan berkalitas tentunya kita harus memiliki banyak pengetahuan, sulit jika kita dangkal pengetahuan. Tapi tenang hal ini bisa diatasi dengan Membaca dengan banyak membaca berarti kita menerima informasi yang lebih banyak serta memperkaya kosakata yang akan membantu kita membuat tulisan dengan kata-kata yang lebih baik,

  • Ingin cepat sukses

Sukses memang suatu tujuan utama, tapi jangan terlalu ambisius dan terlalu berhayal tanpa melakukan beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas. Tidak ada kesuksesan yang didapat secara instan apalagi kesuksesan dalam kegiatan nge blog yang harus memiliki sifar tekun, kerja keras, konsisten dan tidak cepat menyerah. Untuk itu lupakan lah dulu kata sukses sebagai tujuan jadikanlah sebagai motifasi saat kamu merasa malas dalam ngeblog. Ingat selalu "Aku tidak akan sukses jika aku malas-malasan, tidak konsisten, cepat menyerah, hanya melihat kesuksan orang lain" yaa benar hanya melihat kesuksesan orang lain tanpa kerja keras dan berharap saat ini membuat blog satu minggu kemudian kita sukses, Tidak! mereka yang sukses memerlukan waktu dan pengalaman yang banyak sesuai dengan kesuksesan yang mereka dapatkan sekarang.

  • Melupakan Do'a

Inilah kesalahan fatal, melupakan doa menganggap semuanya karena usaha kita semua karena kerja keras kita. Ingatlah kesuksesan yang kita dapat tidak ada yang didapat murni hasil sendiri, pasti semua ada bantuan dari orang lain termasuk dari Sang Maha Kuasa. Jadi janganlah melupakan Doa berdoalah sesuai kepercayaan kamu sendiri banyaklah berharap kepada-Nya mohonlah bantuannya untuk melancarkan semua kegiatan kamu termasuk kegiatan ngeblog yang memiliki tujuan yang jelas.


Selesai, itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger yang membuat dirinya gagal dalam proses ngeblog dan ini asli menurut pengalaman saya. Untuk kalian yang baru saja masuk ke dunia blog semoga tulisan ini dapat membantu kamu mengarahkan ke jalan yang lebih baik. 

Terima Kasih

0 komentar

Posting Komentar

1. Tolong sebelum berkomentar Dibaca terlebih dahulu.
2. Berkomentar yang relevan sesuai artikel
3. Gunakan bahasa yang baik, yang tidak mengandung SPAM, SARA, Pornografi